
Sekarang, jika Teknisi Komputer tidak melakukan pekerjaan mereka dengan benar pertama kalinya, maka mereka harus kembali dan memperbaikinya secara gratis. Namun, seringkali virus adalah baru infeksi dan tidak berhubungan dengan yang pertama, namun kita masih diharapkan untuk memperbaikinya secara gratis.
Cara untuk menghindari masalah ini (dengan asumsi Anda melakukan pekerjaan Anda dengan benar pertama kali) adalah dengan mengelola ekspektasi klien dan tidak berbicara dalam absolut. Mari saya jelaskan.
Mengelola Ekspektasi Klien
Anda perlu mengelola ekspektasi mereka dengan kata-kata hati-hati dengan mengatakan bahwa produk antivirus akan membantu mencegah mereka dari terkena infeksi daripada mengatakan akan mencegah mereka dari terkena infeksi.
Anda juga perlu untuk mendidik mereka tentang bagaimana mereka masih bisa mendapatkan virus dengan tidak berhati-hati dengan apa yang mereka download dan terbuka. Jelaskan kepada mereka bahwa mereka bisa mendapatkan virus dari mereka yang paling terpercaya bahkan teman-teman jika komputer mereka terinfeksi dan virus mengirim salinan dirinya kepada semua orang pada buku alamat mereka.
Klien akan menghargai bahwa Anda menunjukkan kepada mereka bagaimana mencegah hal semacam ini terjadi lagi dan yang besar untuk anda karena mereka akan tahu kapan mereka tidak mengikuti saran Anda. Jika mereka tahu itu adalah kesalahan mereka maka mereka akan mengerti bahwa mereka harus membayar lagi untuk mendapatkannya dihapus. Saya sering punya klien menelepon saya dan mengatakan sesuatu seperti ini:
"Bryce, Ive melakukan sesuatu yang buruk. Aku membuka lampiran dari seorang teman dan saya pikir itu virus "
Mereka akan ingat bahwa saya menyarankan mereka untuk berhati-hati dengan lampiran email dari teman-teman jika bukankah diharapkan. Mereka tahu bahwa mereka seharusnya tidak melakukan hal ini dan sekarang mereka tahu bahwa mereka akan harus mengenakan konsekuensi harus membayar lagi.
Berbicara Absolutes
Kadang-kadang klien akan mengajukan pertanyaan yang mengharapkan jawaban yang mutlak seperti:
"Jadi, setelah Anda melakukan ini, wont be ada lagi masalah dengan komputer?"
Seperti Laksamana Ackbar akan berkata "Its a Trap!". Jika Anda menjawab Ya untuk pertanyaan ini karena Anda sedang malas atau tidak mendengarkan sepenuhnya, Anda mewarisi semua masalah komputer masa depan mereka menurut mereka.
Baru kemarin, saya menjelaskan kepada klien bahwa mereka dapat menggunakan hard drive eksternal (yang mereka gunakan untuk lebih banyak tempat) sebagai cadangan drive juga. Klien saya bertanya:
"Jadi kalau aku memindahkan semua data ke hard drive eksternal itu akan aman?"
Aku harus menjelaskan bahwa drive cadangan juga memiliki bagian yang bergerak dan dapat gagal semudah internal satu. Intinya adalah memiliki data di dua tempat sehingga jika salah satu gagal, hard drive yang lain masih memiliki informasi.
Aku setup untuk mengatakan "Ya" untuk pertanyaan ini jika aku tidak benar-benar berpikir tentang hal ini. Bayangkan apa yang akan mereka pikirkan tentang saya ketika mereka gagal drive cadangan dan mereka tidak memiliki salinan utama mereka hard drive? Terutama karena mereka melakukannya berdasarkan dari rekomendasi saya.
Jika sesuatu kesalahan Anda, membuatnya benar dan memperbaiki komputer mereka secara gratis. Jika masalah ini disebabkan oleh mereka, ikuti saran di atas dan harus membantu meminimalkan Anda mendapatkan disalahkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar